Rabu, 12 September 2012

Viterna Tingkatkan Hasil Panen ayam pedaging


Viterna Tingkatkan Hasil Panen ayam pedaging, Laporan kesaksian dibawah ini merupakan pengalaman Bp. Bhudi, SH, Sukoharjo, Jawa tengah. yang telah mencoba menggunakan produk dari PT. NASA yakni Viterna untuk peternakan ayam pedaging. "Saat mengawalinya saya melakukan ujicoba Viterna dengan populasi ayam 700 ekor dipisahkan dengan 5000 ekor ayam yang ada dikandang disebelahnya", Kata Bp. Budi mengawali perbincangannya dengan Team NASA. Dad penjelasan yang ia lontarkan, saat itu ia berfikir jika ujicoba berhasil, dirinya akan menggunakan Viterna selanjutnya dengan populasi sebesar 24.000 ayam. Saat umur panen telah tiba (umur 31 hari), hasil dari 700 ekor ayam yang dipeliharanya mencapai 8 kwintal 45 kg, dengan FCR = 1,3. Secara teknis hal ini diakuinya sebagai hasil yang sangat luar biasa.
Pemanenan yang dilakukan saat umur ayam menginjak 31 hari itu menghasilkan berat rata-rata 1,27 kg. Ketika disinggung oleh Team NASA, mengapa hal itu lakukan, dirinya menjawab dikarenakan akan situasi dan kondisi harga yang kurang bagus, harga yang semakin hari semakin turun. Oleh karena itu dirinya memutuskan untuk segera memanennya saja. Namun begitu ia merasa sangat beruntung karena dengan penggunaan Viterna, hitung punya hitung dirinya meraup keuntungan lebih banyak dari keuntungan kandang yang ada disebelahnya,termasuk miliknya juga, meski memiliki jumlah ayam lebih banyak.
"Keuntungan panen dari 700 ekor ayam yang menggunakan Viterna ternyata lebih banyak dari jumlah ayam yang 5000 ekor yang tidak menggunakan Viterna", Ungkapnya. Lebih lanjut ia mengatakan," Keuntungan yang saya dapatkan dari jumlah 700 ekor ayam yakni Rp. 950.000, untuk harga per-kg Rp. 5900, sedangkan untuk ayam yang berjumlah 5000 ekor tidak mendapatkan keuntungan yang berarti, hal ini juga karena banyak gangguan teknis seperi faktor kematian yang tinggi, pakan juga terlalu banyak, pokoknya lebih banyak pengeluarannya".
Ditanya mengenai penggunaan dan dosis Viterna yang diberikan pada ayam pedagingnya, pria paroh baya yang sudah lama berkecimpung dalam hal beternak ayam ini menjelaskan bahwa dosis Viterna adalah 1 cc/liter air pada setiap penggunaan air minum. Dirinya juga mengungkapkan banyak manfaat yang didapat dengan penggunaan Viterna diantaranya dapat mengirit pakan, menaikkan keuntungan, serta dapat menurunkan angka kematian ayam.
Selain itu peternak asal Sukoharjo ini juga menjelaskan bahwa dengan penggunaan Viterna dapat menghemat pakan untuk 700 ekor ayam menghabiskan 7 zak. "Dulu dengan jumlah ayam yang sama bisa menghabiskan pakan 22 Zak @ 50 kg,Jika per zak saja harganya Rp. 105.000,- maka kita bisa menghitung sendiri berapa pengiritannya", Ungkapnya dengan gembira. " Yang terpenting hasil panen ini lebih bagus dari panen sebelumnya", Tambahnya. "Saya menyarankan bagi seluruh peternak ayam pedaging supaya melakukan seperti apa yang saya lakukan. Mengapa demikian, karena harga DOC tinggi, harga pakan mahal, maka dengan Viterna, saya mendapatkan hasil lebih bagus, walau harga lagi turun saya masih mendapat keuntungan yang memadai", Pesan Bp. Budi mengakhiri perbincangannya dengan Team NASA.


Pemesanan Vitamin untuk Unggas (Penggemukan & Petelur), silahkan hubungi: