Selasa, 09 April 2013

Cara Ternak yang Menguntungkan

Cara Ternak yang Menguntungkan

            Salah satu faktor yang mempengaruhi terhadap tingkat keuntungan peternak adalah jumlah ternak yang dipanen, angka kematian dan efisiensi pakan. Jumlah panen dan efisiensi pakan yang tinggi, angka kematian yang rendah pada ternak, maka keuntungan yang akan diperoleh peternak semakin tinggi pula. Demikian pula sebaiknya, semakin tinggi angka kematian, semakin rendah jumlah ternak dan ikan yang dipanen  maka keuntungan peternak pun akan semakin berkurang, bahkan tidak sedikit yang mengalami kerugian bahkan membawa pada kebangkrutan usaha. Oleh karena itu beberapa perusahaan inti dalam kemitaraan ayam pedaging memberikan tambahan keuntungan atau bonus kepada peternak plasma yang dapat menekan angka kematian sampai 8%.
            Jumlah panen yang rendah dan angka kematian yang tinggi pada ternak  dapat disebabkan karena beberapa hal, seperti bibit yang kurang baik kualitasnya, serangan penyakit, kebersihan kandang dan sanitasi kolam yang kurang terjaga, kesalahan manajeman pemeliharaan, pakan yang kadaluarsa dan beberapa faktor lainnya. Oleh karena itu para peternak diharapkan dapat melaksanakan panca usaha peternakan, yaitu : pemilihan bibit yang baik, pemberian pakan yang berkualitas sesuai dengan kebutuhan ternak, pencegahan dan pengendalian penyakit yang kontinyu, perawatan kebersihan kandang yang baik, peralatan kandang atau yang selalu teraratur dibersihkan, dan perencanaan pemasaran yang tepat.
            PT. NATURAL NUSANTARA sebagai salah satu institusi swasta yang bergerak di bidang Agrokomplek khususnya di sektor peternakan memberikan solusi untuk memaksimalkan pertumbuhan ternak, menekan angka kematian serta meningkatkan efisiensi pemberian pakan pada ternak, terutama pada pengoptimalan pertumbuhan dan kesehatan ternak sehingga diperoleh ternak yang pertumbuhannya cepat dan sehat. Data pengujian di lapangan, termasuk laporan para peternak ayam pedaging yang telah menggunakan produk NASA membuktikan bahwa ayam pedaging yang memakai produk NASA pertumbuhannya lebih cepat, sebagai data yaitu ayam broiler umur 35 hari sudah mencapai berat 1,9 - 2 kg dengan angka kematian yang rendah rata-rata hanya 5%.  Demikian pula dengan ternak yang lain sebagimana tercantum dalam label terlampir di akhir artikel. Dengan hasil seperti ini, peternak tersebut mendapatkan keuntungan yang besar selain dari nilai hasil bagi usaha, juga dari tambahan bonus angka kematian dan FCR yang rendah.
            Pengaruh produk NASA terhadap rendahnya angka kematian disebabkan dari kandungan produk NASA yaitu VITERNA, POC NASA dan HORMONIK yang memiliki kandungan mineral dan vitamin yang tinggi, ditambah dengan protein yang terdapat pada Viterna semakin melengkapi nutrisi yang dibutuhkan oleh ayam pedaging. Sehingga proses metabolisme dalam tubuh ayam berjalan dengan baik dan produktivitasnya akan maksimal dalam bentuk kesehatan yang prima dan produksi daging yang tinggi dalam waktu yang lebih cepat.
            Formula yang digunakan untuk mendapatkan hasil maksimal tersebut  adalah dengan menggabungkan tiga produk NASA yaitu Viterna, POC NASA dan Hormonik menjadi 1 (satu) larutan induk. Dosis penggunaannya adalah 1 tutup botol larutan induk dicampurkan pada per 10 liter air minum per hari. Satu hari cukup satu kali pemberian. Sebagai keterangan penggunaan produk NASA untuk 1000 ekor ayam pedaging dengan pemeliharaan selama 35 hari adalah 5 botol Viterna, 5 botol POC NASA dan 5 botol Hormonik.


Komoditas
Peternak
Lokasi
Produksi
Tambahan keuntungan
Produk NASA
Jumlah ternak
Sebelum Sesudah
Ayam broiler H. Abdul Hamid Kediri, Jawa Timur Angka kematian : 25-30 Ekor/hari
Angka Afkir ayam muda : 100-200 ekor per periode
Berat ayam umur 35-37 hari : 1,7 kg
Angka kematian :
< 10 ekor/hari
Angka afkir ayam muda : < 15 ekor per periode
Berat ayam umur 35-37 hari : 1,8 kg

Pertumbuhan ayam merata
Bau kotoran berkurang, tidak menyengat
VTN, POC NASA, Hormonik 26.000 ekor
Burung Puyuh  Sarjo Kartono Sleman, DIY Produksi telur :
 800 butir/hari
Konsumsi pakan
Per 1 bulan : 15 zak
Produksi telur :
 1.300 butir/hari
Konsumsi pakan
Per 1 bulan : 13 zak
Kulit telur lebih kuat
Bau kotoran berkurang drastis
VTN, POC NASA, Hormonik 1500 ekor
Umur 5 bulan
Bebek petelur Baidowi Banyuwangi, jawa Timur Produksi Telur :
70 -  75 butir/hari

Produksi Telur :
125 - 130 butir/hari
Ukuran telur lebih besar
Bau kotoran berkurang
VTN, HRN, AMNE 150 ekor
Umur 2 tahun
Ayam Arab Arsyad Banjar, Kalsel Kematian : 45%
Umur layak saat dijual :  4 bulan
Umur mulai
bertelur :
5 bulan
Kematian : 20%
Umur layak saat dijual :  3 bulan
Umur mulai
bertelur :
4 bulan
Bau kotoran berkurang
Mengurangi stress dan meningkatkan kekebalan tubuh
VTN, POC NASA, Hormonik 1000 ekor
Ayam kampung Anwar Sleman, DIY Berat ayam 58 hari : 7 ons Berat ayam 58 hari : 8-9 ons Bau kotoran berkurang
Mengurangi stress dan meningkatkan kekebalan tubuh
VTN, POC NASA 4000 ekor
Ayam Petelur Kusno Magetan, Jawa Timur Produksi telur umur ayam 6 bulan : 60%
Umur 90 hari ayam baru mulai bertelur
Umur 18 bulan ayam sudah diafkir
Produksi telur umur ayam 6 bulan : 80 %
Umur 80 hari ayam sudah mulai bertelur
Umur 18 bulan,ayam masih produktif
Kulit telur lebih kuat
Bau kotoran berkurang
Mengurangi stress
VTN 700 ekor


Pemesanan Vitamin untuk Unggas (Penggemukan & Petelur), silahkan hubungi: